by

MUDESSUS Desa Kota Bumi Baru Menetapkan 70 KK Penerima BLT DD

Bengkulu Selatan | netizen62.net – Kementrian Keuangan telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Tentang pengelolaan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021, No. 222/PMK.07/2020, dan Peraturan Mentri Desa nomor 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa, Surat Edaran Bupati Bengkulu Selatan nomor 140/28/2021.
Desa diwajibkan kembali menganggarkan BLT Dana Desa, terhitung dari bulan Januari sampai Desember dengan besaran Rp. 300.000 per Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Untuk melaksanakan PMK, Permendes dan Surat Edaran Bupati Bengkulu Selatan. Tim relawan Covid-19 yang terdiri dari Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa dan perwakilan masyarakat Desa Kota Bumi Baru Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan melaksanakan musyawarah validasi dan finalisasi data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa. Rabu(31/3/2021).


Dalam sambutannya Kepala Desa Kota Bumi Baru menyampaikan” agenda kita hari ini merupakan rencana tindak lanjut dari laporan tim relawan Covid-19 telah melakukan pendataan keluarga penerima manfaat bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa,
“Ya, hari ini kita bersama tim relawan Covid-19 membahas sekaligus melakukan validasi dan finalisasi data terkait dengan KPM BLT DD tahun 2021,” Sampainya TISRAN selaku Kepala Desa kota Bumi Baru.


Ada pun kata sambutan dari pihak kecamatan yang diwakili IKWAN FAHMI “penetapan KPM BLT Dana Desa harus dilakukan dengan penuh ke hati-hatian, sebab yang namanya bantuan harus sesuai dengan keperuntukannya, juga harus tepat sasaran jangan sampai menimbulkan konflik sosial di masyarakat, keputusannya harus tepat dan cermat.

Masyarakat yang memenuhi kriteria yang di atur dalam PMK maupun surat Edaran tentunya harus kita prioritaskan,” tegas Beliau.
JULIA FITRI Selaku Pendamping Desa Memaparkan” validasi data KPM BLT DD merupakan langkah atau cara untuk memastikan dan mengetahui bahwa calon penerima BLT DD tahun 2021 tidak termasuk kedalam data penerima bantuan seperti bantuan PKH, UMKM, BST, PRAKERJA, dan bantuan-bantuan lainnya dari Pemerintah.
“Sebab aturannya jelas, penerima BLT DD diperuntukan untuk masyarakat miskin yang berdomisili di desa setempat yang belum tersentuh bantuan lainnya dari Pemerintah, aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menkeu nomor 222 tahun 2020 dan Surat Edaran Bupati Bengkulu Selatan nomor 140/28/2021 Masyarakat yang memenuhi kriteria yang di atur dalam PMK maupun surat Edaran tentunya harus kita prioritaskan,” tegas Beliau.
Ditempat yang sama Ketua BPD Desa Kota Bumi Baru Sudianto selaku pimpinan rapat mengatakan, “Sebanyak 70 KK Kelompok Penerima Manfaat (KPM) bantuan langsung tunai dana desa sudah di sepakati dan ditetapkan sebagi penerima BLT DD tahun anggaran 2021.

Kami berharap, hasil rapat hari ini segera ditindak lanjuti oleh Pemerintah Desa untuk di masukan kedalam APBDes, sebab sesuai dengan instruksi Presiden, bahwa BLT DD harus segera di realisasikan, dan semoga bisa membantu ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19. Tutup nya.
Acara Berjalan Tertip, Aman Dan Lancar.

(Een)

Berita Lainnya