by

Pemdes Bersam BPD Desa Cinto Mandi Musdesus Falisasi BLT-DD TA.2021

Bengkulu Selatan| netizen62.net-Pemerintah Desa Cinto Mandi  bersama BPD Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu melakukan Musyawarah. Untuk menetapkan berapa orang Kepala Keluarga [KK] yang berhak menerima Bantuan Langsung Tunai [BLT]. Maka Pemerintah Desa Cinto Mandi Kecamatan Pino Raya, bersama Badan Permusyawaratan Desa [BPD] dan tim relawan Covid-19, menggelar musyawarah Desa khusus.

Musyawarah di Gedung Balai Kemasyarakatan Desa Cinto Mandi Rabu 24/2/2021, dipimpin oleh Ketua BPD Zeturi Martono, yang didampingi anggota BPD dan seluruh jajaran Perangkat Desa. Turut hadir dalam kegiatan Musdessus ini, Kasi PMD Kecamatan Pino Raya, Pendamping Desa, Babinsa, Tokoh Masyarakat serta seluruh relawan Covid-19 yang bertugas sebagai pendata warga calon penerima BLT-DD.

Dimusyawarah tersebut pihak Pemerintah Desa Cinto Mandi yang dalam hal ini diwakili oleh sekretaris Desa, Pera Istiana menyampaikan, laksanakanlah musyawarah untuk mencapai kata mufakat, jangan sampai terjadi keributan.

Sebagai pedoman kita dalam musyawarah, yaitu data yang sudah panitia ambil berdasarkan verifikasi dan validasi di lapangan,”ungkap Pera.

Data yang terkumpul inilah yang akan kita tetapkan dalam musyawarah. Berdasarkan PMK Nomor 222 Tahun 2020 Tentang pemberian BLT yang bersumber dari anggaran Dana Desa. Disitu disebutkan bahwa penerima BLT-DD adalah Keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di Desa setempat dan tidak menerima bantuan lainya dari Pemerintah,”jelasnya.

Dia juga menegaskan “Artinya dalam keputusan kita nanti jangan sampai salah sasaran, yang memang berhak menerima, masukan sebagai daftar penerima BLT-DD,”tegas Pera.

Usai rapat Ketua BPD selaku pimpinan musyawarah menyampaikan, sebanyak 39 Kepala Keluarga telah menerima BLT DD tahun 2020, setelah dilakukan verifikasi dan validasi bersama tim, dari 39 KK penerima BLT DD tahun 2020 ditemukan 23 KK sudah menerima bantuan lainnya dari Pemerintah, seperti bantuan PKH, BPNT, UMKM dan bantuan lainnya.

Dikatakan Zeturi Martono “Berdasarkan kesepakatan bersama dengan berpedoman kepada aturan tentang penerima BLT DD dan data yang dikumpulkan relawan. Seluruh peserta bersepakat untuk menetapkan penerima BLT DD tahun 2021 sebanyak 28 Kepala Keluarga,”sampai Zeturi Martono.

Dijelaskan Martono “13 KK data usulan baru sedangkan untuk 15 KK penerima BLT DD tahun 2020. Jadi totalnya sebanyak 28 KK yang kita sepakati dalam Musdessus hari ini,” jelasnya. (Sugi)

Berita Lainnya